Selasa, 26 Maret 2013

Contoh Artikel

Contoh artikel
Gaya Jilbabers atau Gaya Hijabers?
Oleh R.Indriane Chintia Lefti


Ilmu Komunikasi Jurnalistik

Menjadi wanita yang tampil cantik, anggun dan terlihat sopan adalah dambaan bagi setiap wanita muslim saat ini. Memperhatikan penampilannya menjadi suatu kewajiban penting bagi dirinya. Selain untuk kenyamanan pribadi, merekapun harus berpenampilan yang memang indah untuk dilihat orang lain. Berjilbab, trend yang saat ini sedang booming, berbagai macam bentuk jilbab yang semakin banyak kreasinya membuat sang pemakai jauh terlihat stylist dan fashionable.

Keberagaman model kerudung dan juga cara pemakaiannya, menjadi ketertarikan pribadi bagi wanita muslim. Kita mengenal istilah yang tidak asing didengar lagi yaitu gaya Jilbabers dan gaya Hijabers. Apa perbedaannya? Apakah cara berjilbab saat ini sudah mengikuti syariat yang telah ditentukan oleh agama Islam? Dan juga apa alasanya mereka memilih gaya berjilbab tersebut?

Jilbab itu ialah sejenis baju kurung yang lapang yang dapat menutup kepala, muka dan dada. Sebuah perintah yang terkandung dalam ayat Al-Quran berbunyi:

Hai Nabi katakanlah kepada isteri-isterimu, anak-anak perempuanmu dan isteri-isteri orang mu’min:
“Hendaklah mereka mengulurkan jilbabnya ke seluruh tubuh mereka”. Yang demikian itu supaya mereka lebih mudah untuk dikenal, karena itu mereka tidak diganggu. Dan Allah adalah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang. (Q.S Al-Ahzab:59)


Menurut syariat islam, berjilbab gaya Jilbabers jauhlah lebih baik dan dinilai sempurna, namun saat ini kreatifitas gaya berbusana muslim semakin maju dan juga unik. Tidak dipungkiri ketertarikan tersebut dikatakan oleh salah satu pengguna jilbab yang baru-baru ini memutuskan untuk menutupi auratnya dan dia termasuk dalam kaum yang bergaya Hijabers. Dia bernama Irma, “Saya jadi berjilbab karena awalnya liat jilbab saat ini lucu-lucu macamnya, saya coba dan saya nyaman memakainya.” ucapnya.

Itu salah satu efek positif adanya kemajuan kreatifitas yang dihasilkan oleh orang-orang kreatif saat ini hingga mampu mengubah gaya hidup mereka sebagai konsumen. Pendapat lainpun timbul dari salah satu kaum Jilbabers, ”saya suka gaya hijab yang sekarang lagi mode, namun saya pribadi lebih suka gaya jilbab yang seperti ini, sudah menjadi kebiasaan dari dulu dan saya sudah merasa jauh lebih nyaman dan aman dengan gaya Jilbabers gini.!” tegasnya.

Kaum Jilbabers lebih mudah dikenal dengan gayanya yang sangat shufi, berbalut kain yang ukurannya panjang dan juga besar membuat lekak lekuk tubuhnya amat bertutup dan terjaga, membuat kaum ini dinilai begitu “Subhannallah!” sempurna. Namun gaya Jilbabers belum menemukan gaya yang lebih inovatif lagi yang mungkin bisa ditambahkan kreasi baru yang membuat pengguna Jilbabers jauh lebih fresh dan berwarna.

Berbeda dengan kaum Hijabers, yang berani memperpadukan beragam warna mencolok, gaya yang sangat stylist, dan fashionable membuat kaum lainpun dapat mengenal jelas bahwa itu kaum Hijabers. Tampilannya yang fresh terlihat jauh lebih catchy membuat makin banyaknya wanita muslim memilih bergaya Hijabers, namun tidak sedikit wanita menganggap bahwa gaya berjilbab hijab dalam penggunaannya agak ribet dan membutuhkan waktu yang cukup lama.

Namun saat ini khususnya di Bandung telah tersedianya tempat pelatihan-pelatihan menggunakan jilbab bergaya Hijab dan diajarkan menggunakan jilbab dengan cara yang simple dengan waktu singkat dan tetap indah di pandang mata membuat wanita muslim semakin terbius dan terus mencoba beragam gaya Hijab.

Dipolesi dengan tambahan make up natural dan juga aksesoris yang ragam uniknya, mempercantik tampikan sang wanita muslim ini. Mulai meningkatnya kaum wanita saat ini yang memakai jilbab dalam semua segi umur menjadi poin positif bagi citra agama Islam sendiri.

Memutuskan untuk berjilbab adalah suatu tanggung jawab yang patut untuk dijaga, karena sisi yang jauh lebih positif akan timbul ketika kita menggunakan jilbab. Segala tingkah laku, ucapan harus disesuaikan dengan alasan kecilnya dari pakaian apa yang kita kenakan.

Sebenarnya cara gaya berjilbab saat ini, sah-sah saja akan pemakaiannya. Mau itu bergaya ala Jilbabers ataupun Hijabers sama saja. Asalkan tetap menjaga syariat yang telah ditetapkan, dengan memakai jilbab yang terpenting ukurannya sesuai menutupi bagian dada, pakaian yang tidak ketat agar tidak mengundang kaum ikhwan yang melihatnya.

Berjilbab adalah salah satu symbol mencirikan bahwa wanita tersebut beragama islam. Dengan pemakaian jilbab insya Allah kita mampu menjaga setiap tingkah laku, ucapan, juga menjaga diri kita dari ancaman mara bahaya. Berjilbab pun membuat kita terlihat jauh lebih cantik dari sisi luar dan harus di barengi oleh kecantikan yang terpancar dari dalam diri pula.

Menurut perintah dalam ayat Al-Quran di atas tadi jadikanlah terapan bagi hati dan diri kita pribadi, semoga kaum akhwat mampu menjalankannya dan tidak terasa terbebani atas perintah tersebut.

So, percaya dirilah dalam berjilbab apapun jenis yang gaya yang kamu pilih! Gunakanlah dengan nyaman yang membuat kamu tetap merasa aman. Tetaplah menjaga auratmu dan jadilah wanita muslim yang sesungguhnya. Say, Hijab its my CHOISE !! :)


0 komentar:

Posting Komentar